Baca Berita Lengkap




VAKSINASI COVID-19 DI PASAR KOTA SURABAYA

about

Dalam rangka meningkatkan perlindungan bagi masyarakat Kota Surabaya dari Virus Covid-19, Dinas Kesehatan Kota Surabaya menyelenggarakan vaksinasi bagi warga Kota Surabaya.

Vaksin yang datang di Kota Surabaya beberapa waktu lalu akan diutamakan untuk Guru, Dosen, Pedagang serta Lansia.
Kemarin (29/03) giliran pedangang di Pasar Genteng yang menerima vaksin tahap pertama dari Pemerintah Kota Surabaya. Giat vaksinasi ini diikuti oleh kurang lebih 500 orang yang telah didata oleh PD Pasar Surya.

Terdapat 4 tahap yang harus dilalui setiap peserta vaksinasi sebelum menerima kartu tanda telah melakukan vaksinasi.
Tahap 1 : Peserta harus melakukan registrasi dengan mengisi data diri pada formulir dan menyertakan fotokopi KTP.
Tahap 2 : Peserta melakukan skrining. Petugas akan memeriksa tekanan darah dan mengajukan pertanyaan seputar riwayat penyakit yang dimiliki oleh peserta.
Tahap 3 : Peserta menerima vaksin
Tahap 4 : Peserta harus menjalani masa observasi selama 30 menit untuk melihat reaksi vaksin yang terlah diberikan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Ibu drg. Febria Rachmanita, MA. menuturkan bahwa vaksin yang diberikan kepada pedagang pasar genteng adalah Vaksin Astrazeneca, dan pemberian vaksin tahap kedua bisa 8 minggu atau 2bulan lagi.

Pada giat ini, turut hadir Bapak Eri Cahyadi untuk meninjau jalannya acara vaksinasi ini dan berinteraksi dengan peserta yang sedang menunggu giliran.
Pak Eri menuturkan bahwa Pemkot Surabaya melalui Dinas Kesehatan sudah berkordinasi sengan PD Pasar Surya mengenai pendataan pedagang dan memastikan bahwa vaksinasi yang dilaksanakan di Pasar Genteng diikuti oleh pedagang dan pemilik toko saja, "Tujuannya satu, bagaimana pedagang ini sudah merasa save, nyaman ketika sudah divaksin," tutur Bapak Eri Cahyadi.

Pada kesempatan ini, Beliau juga mengungkapkan jika Pemkot Surabaya menunggu antrean vaksin Covid-19 karena Jawa Timur merupakan tercept dan terbaik di Indonesia dalam hal pemberian vaksin Covid-19, "Mudah-mudahan pemerintah pusat memberikan yang tercepat, InsyaAllah Jawa Timur yang terbaik dalam penyuntikan vaksin, termasuk Surabaya support di dalamnya" ungkap Bapak Walikota Surabaya.